Zilong merupakan salah satu hero yang paling lama di game Mobile Legends. Inilah mengapa orang-orang banyak yang memandang remeh Zilong. Padahal jika tahu bagaimana menggunakannya dengan baik, Zilong bisa jadi hero yang sangat merepotkan. Di sini saya ingin membagikan tips Mobile Legends khususnya bermain Zilong ala Momoy. Perlu diingat, saya adalah pemain Zilong Top Player level se-rumah! Hehehe. Artinya saya tidak pro-pro amat. Tapi paling tidak saya ingin berbagi pengalaman dan tips saya memainkan Zilong. Siapa tahu bermanfaat. Yuk, langsung kita mulai!

Sekilas tentang Zilong

Kalau boleh saya bilang, Zilong ini termasuk salah satu hero yang paling lengkap kemampuannya di game Mobile Legends ini. Zilong merupakan tipe fighter namun juga bisa berperan sebagai assassin. Kok bisa begitu? Skill ulti atau skill ketiga Zilong memungkinkannya untuk berlari dengan sangat cepat. Tidak hanya itu saja, ketika skill ulti sudah diaktifkan, kecepatan serangan Zilong juga meningkat drastis.

Zilong Sebagai Fighter + Assassin

Bayangkan jika kalian melihat di mini map seorang hero musuh sendirian dan posisi kalian sebenarnya cukup jauh dari hero musuh itu. Hero musuh biasanya tidak akan mengira kalau Zilong bisa dengan cepat berada di dekatnya dan menyerangnya. Inilah yang akan menimbulkan kelengahan bagi musuh. Gunakan ulti dan bergeraklah dengan cepat ke arah musuh. Jika kalian berada di semak-semak, maka faktor kejutan akan semakin besar lagi. Musuh tidak akan menduga kedatangan kalian. Saat sudah cukup dekat, gunakan skill kedua untuk mendekati musuh secara kilat dan memberikan damage. Kombinasikan dengan skill satu yang akan mencegah musuh lari karena hero musuh akan diangkat oleh Zilong dan ditempatkan di belakang Zilong. Teruskan dengan serangan biasa dan hasilnya akan sangat fatal bagi hero musuh khususnya jika Zilong melawan mage atau marksman. Bisa-bisa mage atau marksman tersebut langsung mati.

Tips Zilong

 Zilong Sebagai Pencuri Turret

Kemudian, Zilong juga bisa berperan sebagai hero pencuri turret musuh. Ini yang sebenarnya membuat Zilong sangat berbahaya. Kemenangan di Mobile Legends bukan ditentukan oleh banyak kill yang didapat namun dari menghancurkan turret musuh dan kemudian menghancurkan markasnya. Dengan skill ultinya yang dikombinasikan dengan build yang tepat (akan saya bahas nanti), Zilong bisa dengan mudah mengobrak-abrik turret musuh. Apalagi jika tim kalian kompak dan bisa memancing musuh agar war.

Triknya, ketika musuh dan anggota timi kalian sedang fokus war, kalian jangan ikut war. Usahakan komunikasikan dengan tim bahwa fokus kalian adalah mencuri turret. Dengan demikian anggota tim yang lain paling tidak hanya berpikir untuk bisa bertahan di war. Syukur-syukur bisa mengalahkan musuh saat war. Nah, pada saat itu, kalian cari turret yang sedang tidak dijaga. Selalu lihat peta untuk berjaga-jaga jika ada hero musuh yang menyadari pergerakan Zilong kalian dan mulai menjaga turret. Saran saya, mulailah bergerak saat war sekiranya akan dimulai. Jadi kalaupun ada hero musuh yang menyadari pergerakan Zilong kalian, mereka tidak akan punya cukup waktu untuk bisa menjaga turret. Saat mereka sudah mencapai turret, turret tersebut sudah dihancurkan Zilong.

Untuk melakukan trik di atas, kalian bisa bergerak ke turret musuh dengan cara berlari biasa atau menggunakan skill tiga agar lebih cepat sampai. Disarankan untuk menyiimpan skill tiga kalian dan hanya gunakan saat kalian sudah sampai turret supaya kalian bisa menghancurkan turret dengan lebih cepat. Penggunaan spell “Inspire” sangat berguna di sini karena akan semakin mempercepat penghancuran turret karena spell tersebut meningkatkan kecepatan serangan. Kalian juga bisa menggunakan spell “Arrival” yang bisa membuat Zilong teleport ke dekat turret musuh. Dengan catatan ada minion tim kalian yang ada di sana. Selalu fokus langsung menghancurkan turret kemudian lihat kondisi. Jika memang memungkinkan, kalian bisa langsung menghancurkan turret berikutnya di lane yang sama. Tapi kalau tidak, sebaiknya kalian lari dulu. Kalian bisa melihat gameplay saya memainkan Zilong di video di bawah ini.

Build Zilong

Pertama untuk sepatu, ada tiga jenis sepatu yang bisa kalian pilih. Yang pertama adalah Warrior Boots. Sepatu ini akan memberikan tambahan kecepatan lari sebanyak 40 dan pada saat yang sama juga menambah armor sebesar 22. Sepatu ini bagus jika kalian ingin lebih terlibat dalam war. Dengan tambahan armor tersebut, paling tidak kalian bisa bertahan lebih lama dalam menghadapi serangan musuh. Pilihan sepatu yang kedua adalah Swift Boots yang menambah kecepatan lari sebesar 40 dan menambah kecepatan serangan sebessar 15%. Sepatu ini bagus untuk mencuri turret karena kecepatan serangan Zilong akan meningkat. Dan pilihan sepatu berikutnya adalah Rapid Boots. Sepatu ini berguna untuk meningkatkan mobilitas Zilong karena akan menambah kecepatan lari sebesar 50. Jadi kalian bisa mencapai turret musuh dengan lebih cepat dan kalian bisa kabur dengan lebih cepat jika sedang dikejar musuh. Kombinasi sepatu ini dan skill 3 Zilong akan membuatnya lari kencang sekencang Usain Bolt.

Item Build Zilong

Kemudian, item kedua biasanya saya membeli Haa’s Claw untuk meningkatkan serangan fisik sebesar 70 dan yang paling penting adalah menambah lifesteal (mencuri darah dari tiap serangan fisik yang dilakukan) sebesar 20%. Item ini sangat berguna agar Zilong kalian tidak gampang mati. Sebagaii alternatif, kalian bisa mengganti Haa’s Claw dengan Endless Battle yang akan memberikan efek lifesteal sebesar 15%, serangan fisik meningkat sebesar 65, dan kecepatan gerak juga meningkat 5%. Tapi karena harga Endless Battle jauh lebih mahal dibanding Haa’s Claw, maka saya cukup jarang membeli item ini.

Selanjutnya, saya biasanya membeli Berseker’s Fury yang menambah serangan fisik sebesar 65 dan kemungkinan serangan kritikal meningkat sebesar 25%. Jangan lupakan juga kemampuan pasif Berseker’s Fury yang meningkatkan kemungkinan serangan kritikal sebesar 40%. Dengan item ini, serangan Zilong akan semakin sakit apalagi saat serangan kritikal terjadi.

Berikutnya, saya membeli Scarlet Phantom. Sepertinya kombinasi Berseker’s Fury dan Scarlet Phantom masih merupakan kombinasi yang sangat sakit. Scarlet Phantom memberikan tambahan serangan fisik sebesar 30, kecepatan serangan meningkat sebanyak 40%, dan kemungkinan serangan kritikal bertamba sebesar 10%. Untuk kemampuan pasifnya, Scarlet Phantom akan memberikan tambahan kecepatan serangan sebesar 25% dan kemungkinan kritikal akan meningkat sebesar 5%. Kemampuan pasif itu akan berlangsung selama 2% dan hanya terjadi ketika Zilong melakukan serangan kritikal. Inilah mengapa kombinasi Berseker’s Fury dan Scarlet Phantom sangatlah bagus. Bisa dibilang, Scarlet Phantom ini akan semakin membuat efek Berseker’s Fury ini menjadi lebih mantab!

Item selanjutnya adalah Blade of Despair. Kegunaan item ini adalah untuk menambah serangan fisik sebanyak 170! Wow sekali bukan? Dan tidak hanya itu saja, item ini juga menambah kecepatan serangan sebesar 10%. Kemampuan pasif item ini juga sangat berguna bagi Zilong karena akan memberikan tambahan damage sebesar 10% saat musuh berada dalam keadaan abnormal seperti terkena stun, knocked up (terangkat ke atas), terkena silence, dan yang lainnya. Nah, ingat kan kalau skill 1 Zilong akan mengangkat musuh ke atas? Di saat itulah musuh terkena status abnormal dan akan mengaktifkan efek pasif dari Blade of Despair seperti yang sudah dituliskan di atas.

Lalu item yang terakhir adalah Immortality yang berguna untuk menambah HP sebesar 800 dan pertahanan sihir sebesar 40. Yang paling penting dari Immortality adalah bagaimana item ini akan menghidupkan hero kalian lagi saat hero mati. Saat dihidupkan kembali, nyawa hero kalian akan berada pada angka 15% dari total HP dan hero kalian akan mendapatkan shield atau perisai yang bisa menahan damage sebesar antara 300 – 1000 dan bertahan selama 3 detik. Jadi jika kalian mati dan dihidupkan lagi oleh Immortal ini, kalian bisa berusaha untuk lari atau malah balik menyerang musuh.

Itulah dia sedikit tips bagaimana menggunakan Zilong ala Momoy yang merupakan Zilong Top Player se-rumah. Hehehe. Sekali lagi, saya memang belum bisa dibilang pro memainkan Zilong. Tapi menurut pengalaman saya, tips di atas (termasuk juga buildnya) membantu saya menang dengan lebih mudah saat menggunakan Zilong. Jadi, selamat mencoba.