Kita harus wajib bangga, sudah mulai banyak developer game yang berasal dari Indonesia yang turut serta meramaikan perkembangan game Android seru. Salah satunya adalah Keong Games. Keong Games sebenarnya merupakan divisi khusus dari Educa Studio yang merupakan developer game edukasi. Andi Taru, founder dari Educa Studio, kemudian memiliki ide untuk membuat anakan Educa Studio yang nantinya dirancang untuk fokus di pengembangan game non-edukasi. Inilah asal mula terlahirnya Keong Games.

Mari Berkenalan dengan Emak-emak Matic

Dari beberapa game yang sudah dirilis oleh Keong Games, ada satu yang cukup menarik perhatian saya: “Emak-emak Matic: Sang Ratu Jalanan” yang kemudian oleh developer ditambah alternatif judulnya untuk versi bahasa Inggris menjadi “Crazy Mom Racing Adventure”. Nama Emak-emak Matic pada saat itu langsung membuat saya tertarik. Sebagai orang Indonesia, hampir semua dari kita tahu istilah Emak-emak Matic dan konotasi apa yang menjadi asosiasinya. Ya, kita berbicara tentang ibu-ibu yang menaiki motor dengan jenis matic yang biasanya tidak menggunakan helm dan naik motornya terkesan serampangan. Sebagai contoh yang paling terkenal dari perilaku “janggal” emak-emak matic adalah menyalakan lampu sen ke kiri, tapi ternyata belok ke kanan. Dan tidak hanya itu saja, biasanya emak-emak matic tidak mau disalahkan walau sebenarnya dia salah.

Game Emak-emak Matic
Emak-emak Matic: Sang Ratu Jalanan

Konsep Game Emak-emak Matic

Kembali ke game Emak-emak Matic besutan Keong Games, tampaknya game Android seru ini ingin merepresentasikan emak-emak matic dalam dunia nyata dan meleburkannya ke dunia game. Hasilnya? Sebuah game yang menurut saya sangat kocak, ringan, dan bisa kita andalkan sebagai teman untuk sekedar menghabiskan waktu luang. Dari segi gameplay, mungkin kalian sudah bisa menebaknya, Anda akan menjadi seorang emak-emak yang mengendarai sepeda motor matic. Penampilan emak-emak dalam game tersebut dibuat dengan berdasarkan pada stereotype emak-emak matic di kehidupan nyata: naik motor tanpa helm, roller rambut masih terpasang di kepala, dan mengenakan daster. Konsep yang diusung oleh game ini adalah endless running. Jadi gamer akan berusaha mengendalikan motor matic tersebut dan melaju sejauh mungkin sambil menghindari berbagai rintangan.

Gameplay

Di awal game, khususnya jika kalian baru saja menginstal game ini, kalian akan diminta memilih bagaimana mengontrol si Emak. Ada dua pilihan yang tersedia yaitu menggunakan fitur tilt atau swap. Fitur tilt akan membuat kalian bisa mengontrol gerakan si Emak dan motor maticnya dengan menggoyangkan smartphone ke kiri dan ke kanan. Sementara pilihan swap mengacu pada kontrol game dengan menggeserkan jari di layar smartphone.

Gaya Balap Emak-emak Matic
Pilih Gaya Balap/Kontrol

Setelah itu, ketika berada di layar menu utama game ini, ada beberapa fitur yang bisa kalian temukan di sana sebelum mulai membuat si Emak mengendarai motor maticnya. Ada fitur bonus reward yang dibuat dalam bentuk kocokan arisan. Dari fitur tersebut kalian bisa mendapatkan berbagai reward seperti bonus uang yang bisa digunakan untuk membeli beberapa perlengkapan “balap” si Emak seperti untuk mengupgrade motor maticnya, atau membeli baju baru untuk si Emak. Ada juga fitur leaderboard untuk melihat posisi ranking emak-emak lainnya yang terhubung dengan menggunakan berbagai akun sosial media. Kemudian ada juga fitur misi yang akan menunjukkan daftar misi yang bisa dilakukan si Emak termasuk imbalannya jika misi tersebut sukses dijalankan.

Tampilan Menu Utama Emak-emak Matic
Tampilan Menu Utama Emak-emak Matic

Memasuki gameplaynya, kesan kocak akan langsung terasa. Selama mengendarai motor, ada berbagai macam ucapan si Emak yang bisa membuat kalian ketawa-ketawa sendiri. Sebagai contoh, tiba-tiba saja si Emak berteriak, “Peniti! Tambal Panci!” Atau ketika si Emak menabrak halangan. Si Emak langsung protes sembari berujar, “Gimana, sih?!” Benar-benar khas emak-emak matic yang tidak mau disalahkan. Di sepanjang game, kalian akan menghadapi banyak sekali jenis rintangan. Ada begal-begal yang berusaha menghalangi jalan si Emak yang akhirnya malah ditabrak semua sampai terpental oleh si Emak (tampaknya si Emak ini, walaupun naik motornya serampangan, bisa dianggap sebagai superhero karena memberantas begal).

Emak-emak Matic vs. Begal
Emak-emak Matic vs. Begal

Hadapi Rintangan!

Kemudian ada juga gerobak bakso yang parkir di tengah jalan. Ada juga mesin ATM yang ada di bahu jalan. Dan jangan lupakan papan reklame yang dipasang terlalu pendek sehingga untuk melewatinya, si Emak harus melakukan manuver freestyle agar motornya bisa lewat di bawah reklame. Jika halangan-halangan tersebut masih belum cukup, siap-siaplah kaget ketika si Emak berusaha menerobos rel kereta. Jika ada kereta lewat, si Emak bisa tertabrak kecuali kalian mengontrol si Emak agar bisa melompati kereta dengan timing yang tepat.

Emak-emak Matic Gagal Manuver
Emak-emak Matic Gagal Manuver

Musik dari game juga dibuat dengan tema yang ceria dan menyenangkan yang memberikan atmosfir yang menyenangkan juga untuk game ini. Selain itu, grafik game ini juga terbilang bagus karena sudah berupa 3D. Game ini bisa dimainkan secara offline namun Anda akan membutuhkan koneksi internet jika ingin mengakses leaderboardnya. Secara keseluruhan, game ini bisa dikategorikan sebagai game Android seru yang sangat layak untuk diinstal dan dimainkan di smartphone kalian. Kalau tertarik, kalian bisa install gamenya di sini.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of