Mumpung masih belum jauh-jauh dari nuansa tahun baru 2020 nih, di corat-coret kali ni saya pengen berbagi informasi tentang game-game Android terbaru dan terbaik yang layak dinanti, yang katanya, katanya lho ya, dari info yang saya dapat, bakal rilis di tahun 2020. Info ini bisa jadi berubah lagi tergantung developernya.

Sebelumnya, saya mohon, jangan tanya gamenya offline atau online bang? Ukurannya berapa bang? Bisa gini bisa gitu gak gamenya bang? Tanggal berapa rilisnya bang? Saya gak tahu jawabannya karena ya gamenya belum rilis. Gimana saya bisa tahu gamenya offline atau online, atau ukurannya berapa kalau gamenya aja belum rilis? Ya kan? Hehehe.

Yang jelas, saya akan membagikan informasi tentang gamenya sesuai dengan info yang saya kumpulkan. Gitu ya? Dan daftar game di artikel ini berdasarkan versi saya lho ya? Saya tahu kalau bakal banyak banget game keren yang mungkin bakal rilis di tahun 2020. Hanya saja, game-game di artikel ini ya berdasarkan versi saya.

 

1. Diablo Immortal

Buat gamer-gamer seusia saya, nama Diablo adalah sebuah judul game yang legendaris. Dan mendengar kabar kalau Blizzard bakal menghadirkan Diablo di perangkat mobile, jelas, saya antusias banget. Tapi kemudian, pengumuman Diablo versi mobile yang akan berjudul Diablo Immortal ini malah mengundang kontroversi.

Kontroversinya adalah karena game ini dinantikan gamer mobile, tapi dibenci oleh fans garis keras Diablo yang veteran. Menurut para fans garis keras veteran itu, kalau game Diablo benar-benar dirilis untuk perangkat mobile, status game legend yang udah dianggap sebagai cult classic ini akan memudar.

Saya sih agak-agak setuju dengan pendapat itu karena kalau Diablo Immortal udah resmi rilis di Android dan iOS, pastinya bakal ada banyak bocah-bocah yang mainin dan bisa bikin sense bermain game action RPG ini akan luntur tingkat ke-ekslusifan-nya. But hey, Blizzard udah memutuskan bakal rilis di mobile kok. Saya sih ya tetep seneng-seneng aja.

Katanya game ini bakal dirilis akhir tahun 2019. Tapi ini udah 2020 ternyata game-nya belum rilis juga. Boleh lah kita berharap game ini rilis tahun 2020 ini walaupun tanggal resmi rilisnya belum pasti ya? Kawan-kawan yang mau pra-registrasi, bisa langsung cek link di bawah.

PRA-REGISTRASI DIABLO IMMORTAL

Diablo Immortal
Diablo Immortal
Price: To be announced

 

2. Moment of Hunting: Open World Hunting Tour

Satu hal yang terlintas di benak saya pas ngelihat gameplay Moment of Hunting: Open World Hunting Tour ini adalah, “Weh, mirip kayak Monster Hunter nih konsepnya”. Dan kayaknya memang seperti itu konsep gamenya.

Dari gameplay di trailernya, kawan-kawan bisa lihat gimana game ini menyuguhkan gameplay adventure di setting open world yang terlihat luas dan dibalut dengan grafis art yang kalau boleh saya bilang, “art yang halus”. Dari trailernya kelihatan kalau kita akan berpetualang berburu monster.

Terus ada banyak fitur juga yang bisa kita nikmati termasuk membangun dan mendesain semacam kota kita. Ada fitur mancing juga dan kayaknya masih bakal banyak banget fitur yang ditawarkan termasuk gathering dan crafting.

Buat saat ini, gamenya baru masuk tahap pra-registrasi di TapTap. Linknya bisa kawan-kawan cek di bawah ya? Belum ada info lebih jauh tentang kapan game ini akan dirilis. Tapi kalau melihat deskripsi yang tersedia di laman game ini di TapTap, game ini baru akan menggunakan Bahasa China, Jepang, dan Korea aja. Ada keterangan VPN required di sana. Artinya buat memainkan game ini butuh VPN kalau kita gak berada di China, Jepang, atau Korea.

Terus ini game online. Kelihatan dari simbolnya. Dan ini mengindikasikan kalau bisa jadi game ini bakal bertipe massively multiplayer. Dan buat spesifikasi minimumnya adalah Android 4.0. Belum ada info tentang spesifikasi minimum lainnya selain versi Android yang dibutuhkan. Tapi prediksi saya sih game ini bakal butuh spesifikasi hape menengah ke atas deh.

PRA-REGISTRASI MOMENT OF HUNTING: OPEN WORLD HUNTING TOUR – DI SINI

 

3. Genshin Impact

Setelah sukses dengan Honkai Impact 3-nya yang sampai sekarang masih jadi salah satu game action RPG bergaya anime yang paling populer, Mihoyo selaku developer dikabarkan akan merilis Genshin Impact di tahun 2020 ini.

Sebenarnya game ini di pertengahan tahun 2019 lalu sudah memasuki tahap beta test dan sayangnya saya gak kebagian jatah beta testnya. Jadilah saya cuma ngiler ngeliatin video-video orang yang beruntung menikmati beta testnya. Game yang digadang-gadang mirip kayak game The Legend of Zelda ini akan membawa kita dalam sebuah petualangan bergaya action RPG di dunia open world.

Gak lupa, buat urusan grafis ya udah pasti cakep laaah. Bukan Mihoyo namanya kalau gamenya gak cakep. Cukup disayangkan, sampai sekarang belum ada banyak informasi tentang perilisan game ini. Yang ada cuma kabar kalau game ini akan dirilis untuk versi PC dan iOS-nya pada musim semi 2020 atau sekitar bulan Maret 2020. Buat versi Androidnya, entah, belum ada kabar lagi. Sedih ya? Yang jelas, sekarang kita bisa pra-registrasi melalui TapTap dan linknya bisa kalian cek di bawah.

PRA-REGISTRASI GENSHIN IMPACT – DI SINI

 

4. Devil May Cry: Pinnacle of Combat

Siapa sih yang gak kenal Dante dari seri game Devil May Cry? Awas aja kalau ada yang bilang Dante itu plagiat Alucard Mobile Legends. Yang ada malah sebaliknya. Hehehehe. Nah, Devil May Cry: Pinnacle of Combat dikabarkan akan dirilis secara resmi di tahun 2020 walaupun belum ada tanggal resminya.

Capcom yang bekerja sama dengan Yunchang Games belakangan sudah merilis beta testnya secara terbatas di akhir tahun 2019 kemaren dan lagi-lagi saya gak kebagian aksesnya. Hiks. Game yang kabarnya udah digarap dari tahun 2017 ini nantinya akan mengusung gameplay yang mengadopsi mekanisme yang udah jadi ciri khas game Devil May Cry yang bat bet bat bet dar der dor wururururug blegar blegur gitu. Ngerti kan maksud saya? Hahaha.

Tentunya bakal ada penyesuaian kontrol juga mengingat game ini akan hadir di perangkat mobile. Kalau kalian tertarik mainin game yang sepertinya bakal keren banget ini, kalian bisa pra-registrasi melalui TapTap dan linknya ono ning ngisor alias ada di bawah.

PRA-REGISTRASI DEVIL MAY CRY: PINNACLE OF COMBAT – DI SINI

 

5. League of Legends: Wild Rift

Setelah diumumkan bahwa League of Legends akan segera punya versi mobile-nya yang dijuduli League of Legends: Wild Rift atau disebut juga League of Legends Mobile, spontan jagad per-gaming-an dibikin heboh. Lha gimana nggak, League of Legends itu salah satu game MOBA tersukses dengan berbagai turnamen esports-nya. Otomatis penggemarnya juga banyak banget.

League of Legends: Wild Rift ini digadang-gadang bakal bikin game-game MOBA pesaing ketar-ketir dan di saat yang sama, dipercaya bakal mengangkat hype game MOBA lagi yang kemarin-kemarin mulai surut karena gempuran game battleroyale. Melalui berbagai informasi yang saya dapatkan, informasi terbaru dari game ini mengatakan kalau League of Legends: Wild Rift akan menjalankan fase alpha dan beta test di tahun 2020. Tapi sayangnya alpha dan beta test itu hanya akan berlangsung di Cina saja.

Ya, maklum lah mengingat RIOT Games sudah diakusisi oleh Tencent yang memang dikenal demen banget rilis game-gamenya di Cina dulu. Terus untuk perilisan globalnya rencananya masih akhir tahun 2020. Ya masih agak lama sih tapi mengingat ini game yang memang fenomenal, rasanya layak banget buat ditunggu.

InshaAllah deh ntar saya bakal bicara lebih banyak tentang League of Legends: Wild Rift ini termasuk informasi tentang minimum spesifikasinya di segmen MAG CRIT alias Momoy Android Gamer Cerita dan Berita, ya? So, stay tuned terus di channel YouTube saya, okay? Sementara kalau kawan-kawan mau pra-registrasi, cek link di bawah ya?

PRA-REGISTRASI LEAGUE OF LEGENDS: WILD RIFT

League of Legends: Wild Rift
League of Legends: Wild Rift
Developer: Riot Games, Inc
Price: To be announced

 

6. Bright Memory

Jujur aja, buat saya Bright Memory ini saya tunggu-tunggu banget karena beberapa alasan. Yang pertama game ini, kalau boleh saya bilang, merupakan proyekan ambisius yang bikin saya salut banget. Gimana gak ambisius, Bright Memory ini dibikin sama satu orang aja lho. Zeng Xiancheng a.k.a FYQD adalah orang di balik pembuatan game ini.

Bright Memory sebenarnya udah rilis terlebih dulu buat PC dan kawan-kawan bisa mendownloadnya melalui Steam. Bright Memory sendiri juga udah hadir di iOS. Sementara untuk Androidnya, katanya sih tahun 2020 ini tapi belum jelas kapannya. Alasan yang kedua kenapa saya nunggu-nunggu game ini adalah karena Bright Memory jadi bukti kalau kualitas game di platform mobile udah naik tingkat lagi baik itu dari segi grafik maupun dari gameplaynya.

Saya bener-bener dibikin terkesan dengan gimana gameplaynya itu kompleks banget, seru, dan tampilannya juga udah cuakep banget. Game ini saat ini sudah memasuki tahap pra-registrasi di PlayStore dan linknya bisa kalian cek di bawah. Dan kalian perlu tahu kalau sekarang sebenarnya kalian udah bisa download Bright Memory ini tapi baru untuk versi trialnya aja. Link buat download versi trialnya bisa kalian cek di bawah juga.

Di versi trial tersebut kalian baru bisa memainkan fase awal gamenya aja. Ya itung-itung buat ngeliat dan ngerasain kayak gimana sih game Bright Memory ini. Inilah kenapa size download game ini buat versi trialnya cuma sekitar 1GB. Kalau full versionnya saya yakin sih harusnya lebih dari itu ukurannya.

Info tambahan lagi, dan ini kabar yang kurang enak nih. Dari informasi yang saya dapatkan, spesifikasi minimum game ini itu minta hape kalian itu minimal udah Android 9.0 dan prosesor chipset Snapdragon 820 atau setara. Itu minimumnya lho ya? Kalau recommended-nya sih Snapdragon 855 atau Kirin 980 yang mana termasuk prosesor-prosesor yang paling terbaru. Hmmm…

DOWNLOAD TRIAL VERSION BRIGHT MEMORY – DI SINI

PRA-REGISTRASI BRIGHT MEMORY

Bright Memory Mobile
Bright Memory Mobile
Developer: FYQD Studio
Price: $1.99

 

Baiklah itu dia tadi 6 game Android terbaru dan terbaik yang katanya akan rilis tahun 2020 versi Momoy Android Gamer. InshaAllah saya bakal memberikan update kalau game-game di atas bener-bener udah riils. ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here