Beberapa waktu yang lalu saya sempat membahas game-game Android yang hasil port dari PC dan konsol ya? Terus banyak dari kawan-kawan yang minta saya lanjutin pembahasan itu di part berikutnya. Nah, di artikel kali ini saya akan membahas 6 game Android terbaik hasil port dari PC dan konsol. Kira-kira apa aja gamenya? Cekidot ya?

 

1. Internet Café Simulator

Sebenarnya saya ragu masukin game ini di artikel kali ini karena menurut saya sebenarnya kualitasnya agak-agak kurang sebagai sebuah game port. Buat versi Androidnya masih banyak banget bug dan kontrolnya juga kerasa gak nyaman. Tapiiii, karena game ini kemaren-kemaren sempat populer dan banyak YouTuber yang mainin, saya pikir, kayaknya tetep kudu saya bahas aja deh di artikel kali ini.

Semoga aja, dengan saya bahas, developernya jadi memberikan update biar gamenya terasa lebih nyaman. Buahaha. Kamu tu siapa Moy sampai berharap developer mau dengerin harapanmu? Hehehe. Mbok ben to. Hehehe. Anyway, persis seperti versi di PC, di game ini kamu berperan sebagai seseorang yang mencoba untuk membangun usaha warnetmu.

Kamu punya sebuah tempat yang kotornya minta ampun. Jelas, pertama-tama kamu harus bersih-bersih dulu dong. Abis itu kamu bisa mulai beli-beli peralatan buat bikin warnetmu lebih keren lagi dan kamu bisa mulai nyari duit dari sana. Tapi kamu juga harus memanage dirimu sendiri supaya jangan sampai kelaparan.

Kalau kamu jenuh, kamu bisa juga kok mampir ke bar yang isinya banyak cewe-cewe semlohay. Hahaha. Kalau kalian mau mainin, pastikan kalian betah-betahin diri sama kontrolnya yang kurang sip dan beberapa bugnya ya? Hehehe.

Game               : Internet Café Simulator

Size Download  : 247 MB, (Full Instalasi: 319 MB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD INTERNET CAFÉ SIMULATOR

Internet Cafe Simulator
Internet Cafe Simulator
Developer: Cocopo
Price: Free+

 

2. Emily Wants to Play Too

Setelah dirilis di PS4, Xbox One dan PC, Emily Wants to Play Too mendarat juga di platform mobile. Sepertinya diniatkan buat menyusul Emily Wants to Play yang pertama yang cukup sukses sebagai sebuah game survival horror.

Seperti game survival horror lainnya, di game seri kedua ini, kamu akan bermain sebagai seorang karakter yang baru aja selesai berpesta pora. Bayangin nih, kamu abis pesta. Pesta di luar negeri kan udah umum kalo sambil mabok-mabokan to? Inget jangan ditiru ya? Nah karakter yang kita mainin ini juga kayaknya mabok berat.

Di tengah-tengah rumahmu yang berantakan paska dipake buat pesta, kamu pengen istirahat. Eh, kamu kebangun tidur dan kamu kayak menyadari ada yang salah sama rumahmu. Kamu mandi buat nyegerin diri, tapi airnya njijiki alias kotor. Terus kamu mau pergi dari rumah itu.

Baru niat nyari kunci mobil, eng ing eng, kengerian dimulai. Rumahmu dikuasai oleh boneka-boneka misterius. Tadinya boneka-boneka itu anteng-anteng aja. Tapiiii, blanggentak ndanggling! Boneka-bonekanya hidup dan berusaha membunuhmu.

Ketika kamu kebunuh sama boneka, gamenya akan mereset dari waktu kamu bangun tidur. Dan dimulailah usahamu buat berusaha kabur dari rumah terkutuk yang dipenuhi boneka biadab dari neraka yang haus darah. Hiii, udah ah bahasnya. Takuuuuut.

Game               : Emily Wants to Play Too

Size Download  : 451 MB, (Full Instalasi: 595 MB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD EMILY WANTS TO PLAY TOO

Emily Wants to Play Too
Emily Wants to Play Too
Developer: SKH Apps
Price: Free

 

3. Republique

Coba sejenak kalian bayangkan seorang cewek bernama Hope yang dikarantina karena dia dianggap sudah mengetahui suatu rahasia. Dia didakwa mengidap suatu penyakit gitu sebagai kedok buat karantinanya. Tentunya si Hope pengen kabur dari tempat dia dikarantina dong. Tapi gak semudah itu karena tempat itu dipenuhi para penjaga.

Untungnya ada kamu. Iya, kamu, hahaha. Kamu berperan sebagai seorang hacker misterius yang bisa ngehack kamera CCTV di tempat karantina itu. Tugasmu adalah membantu Hope buat kabur dan menguak rahasia yang ada. Gameplaynya sepertinya simple karena kamu hanya perlu berpindah-pindah dari satu CCTV ke CCTV lain buat melihat situasi. Kalau aman, kamu ngasih tahu Hope buat perlahan-lahan pindah supaya bisa kabur.

Kamu juga bisa bantu Hope buat hack sistem keamanan dengan membuka beberapa pintu. Tentunya nantinya bakal semakin susah dan menantang aja. Didukung dengan kualitas grafis yang udah joss banget, game yang rilis di PS4 dan PC ini terasa menegangkan plus seru buat dimainkan padahal gameplaynya sebenarnya sederhana. Kalian akan terbawa suasana dan cerita seolah-olah kalian itu nonton film, bukannya main game.

Keren lah pokoke. Wajar kalau game ini kemudian mendapatkan status pilihan editor di PlayStore. Oiya, sebenarnya Republique ini game premium ya? Harga full versionnya lumayan mahal, yaitu Rp109ribu buat membuka semua chapternya. Tapi kalian bisa memainkan chapter pertama secara gratis kok. Inget, jangan dibajak ya? Ingat-ingat, ting! Hehehe.

Game               : Republique

Size Download  : 3,4 GB, (Full Instalasi: 3,98 GB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS UNTUK CHAPTER 1, FULL VERSION Rp 109.000

DOWNLOAD REPUBLIQUE

République
République
Developer: Camouflaj, LLC
Price: Free+

 

4. GTA: Liberty City Stories

Kawan-kawan pasti udah tahu lah kalau memang udah ada beberapa judul seri Grand Theft Auto alias GTA alias GeTeA yang diport dari berbagai konsol ke platform mobile. Nah buat perwakilan aja, saya mencoba bahas GTA: Liberty City Stories ya?

Alasan kenapa saya bahas yang ini karena saya belum pernah sama sekali mainin GTA yang satu ini. Dan kebetulan, ini satu-satunya GTA yang udah saya beli di Android dan harganya Rp 81ribu. Cukup sepadan dengan kualitas gamenya sih kalau saya bilang. Saya gak usah terlalu banyak bicara ya tentang gameplay. Masa iya kawan-kawan gak tahu gameplaynya GTA itu kayak gimana?

Ya ini pokoknya game open world action adventure gitu. Kalian akan memainkan karakter Toni Cipriani yang baru saja kembali ke Liberty City yang ternyata sudah dikuasai oleh mafia. Tugasmu ya berusaha mengontrol kembali kota dengan menguasainya di bawah kelompokmu, yaitu Leone Family.

Sebagai sebuah game port, game bikinan Rockstar Games ini udah terasa sangat nyaman kontrolnya. Kualitas grafis juga udah nice banget. Kalian bisa melakoni banyak misi, make banyak jenis senjata, ngisruh di kota, menaiki berbagai kendaraan, dan lain sebagainya. Worth buying indeed. Hash, sok-sokan Inggris, Moy. Hahahaha.

Game               : GTA: Liberty City Stories

Size Download  : 1,2 GB, (Full Instalasi: 2,08 GB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : Rp 81.000

DOWNLOAD GTA: LIBERTY CITY STORIES

GTA: Liberty City Stories
GTA: Liberty City Stories
Developer: Rockstar Games
Price: $6.99

 

5. Max Payne Mobile

Oke-oke, ini emang game jadul banget. Pertama kali dirilis, bulan Juli 2001. Udah hampir 20 tahun yang lalu ya? Tapi, saya merasa buat game yang diport ke Android, Max Payne Mobile ini masih tetep layak banget buat dimainin khususnya buat kalian yang pengen nostalgia sama game yang satu ini.

Game ini pada dasarnya adalah game third person shooter ya? Kalian akan memainkan karakter Max Payne dalam sebuah game bertema revenge alias balas dendam. Yang lebih mantap lagi, kemasan game ini tu cakep banget. Ada nuansa noir di sana plus, penyajian cut scene-nya itu bergaya komik Amerika klasik gitu.

Kamu akan menjalani berbagai petualangan berbahaya untuk memuaskan dendam kesumatmu karena istrimu dibunuh. Untuk sebuah game port, game yang didevelop oleh kerja sama tangan dingin Remedy Entertainment dan Rockstar Games ini terasa sudah lebih dari cukup. Bahkan menurut saya memuaskan. Elemen ikonik dari seri game Max Payne yang digadang-gadang sebagai cikal bakal fitur slow motion gun battle masih bisa kalian temukan di game versi port ini.

Kalau kalian penasaran apakah ada trouble sama navigasi, kontrol, dan kualitas grafisnya, weits, buang jauh-jauh rasa penasaran kalian itu karena game ini menurut saya udah berjalan dengan sangat bagus. Ditawarkan dalam status premium seharga Rp 35ribu, menurut saya harganya sangat terjangkau buat game berskala dan berkualitas seperti ini.

Game               : Max Payne Mobile

Size Download  : 1,2 GB, (Full Instalasi: 1,49 GB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : Rp 35.000

DOWNLOAD MAX PAYNE MOBILE

Max Payne Mobile
Max Payne Mobile
Developer: Rockstar Games
Price: $2.99

 

6. Fortnite Mobile

Siapa sih yang gak tahu Fortnite? Game battleroyale besutan Epic Games ini berhasil menorehkan prestasi luar biasa dengan menjadi salah satu game paling sukses dekade ini. Dengan pendapatan yang bisa mencapai 2juta dolar perhari dan disusul berbagai turnamen prestisius dengan hadiah yang jumlahnya bikin matamu metoto hampir keluar cuma karena ngeliat banyaknya angka nominal hadiahnya, kehebatan Fortnite udah gak perlu diragukan lagi.

Dan selayaknya sesuatu hal yang sukses, tentunya pengen lebih sukses lagi bukan? Itulah yang dilakukan Epic Games dengan melakukan porting Fortnite dari PC, PS4, Xbox One, ke perangkat mobile termasuk Android. Tapi cukup disayangkan, Fortnite ini bukan game yang enteng. Buat memainkan Fortnite, kalian butuh hape dengan kekuatan setara Kamehameha Son Goku. Wahahaha. Ini yang bikin Fortnite gak compatible di banyak hape. Kawan-kawan bisa cek sendiri deh hape apa aja yang compatible sama game ini di website resminya Epic Games.

Oiya, kabarnya, Epic Games akan merilis Fortnite di PlayStore setelah sebelumnya mencoba ekslusif dengan memaksa (dalam tanda kutip) player untuk mendownload Fortnite hanya dari aplikasi resmi Epic Games saja. Tapi gak tahu kapan deh Fortnite beneran bakal muncul di PlayStore. Semoga segera dan semoga spesifikasinya diturunkan ya? Biar pemilik hape tempe gembus juga bisa mengicipinya. Hehehe. Becanda lho ya? Gak usah tersinggung, oke?

Kalau menurut Epic Games selaku developer, minimum requirement buat main Fortnite adalah Android 8 Oreo atau lebih, RAM 3GB, GPU Adreno 530 atau lebih tinggi. Tapi pada kenyataannya, banyak hape yang spesifikasinya seperti yang udah saya sebutin tadi, tapi tetep gak bisa mainin.

Game               : Fortnite Mobile

Size Download  : 145 MB, (Full Instalasi: 7,27 GB)

Offline/Online    : ONLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD FORTNITE MOBILE – DI SINI

 

Woke lah, itu dia tadi 6 game Android terbaik hasil port dari PC dan konsol part 2 versi Momoy Android Gamer. Terima kasih buat kawan-kawan yang sudah menonton. See you again in the next articles ya? ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here