Google PlayStore memang selalu bisa diandalkan buat mencari game-game Android yang seru. Tapi kawan-kawan juga harus tahu kalau ada beberapa game seru dan keren yang gak ada di PlayStore karena beberapa alasan. Entah karena gamenya memang ditarik sama developernya atau ada alasan lainnya. Nah, di artikel kali ini saya akan membahas 6 game Android offline keren dan seru yang gak ada di PlayStore. Apa aja ya gamenya?

 

1. Assassin’s Creed – Altair’s Chronicles

Ini game yang sebenarnya udah jadul. Kalau gak salah, ini game yang rilis di tahun 2008 buat Nintendo DS dan tahun 2010 ada versi Android. Please jangan lihat game ini dari kualitas grafisnya ya? Harap maklum, game ini memang ditargetkan buat Nintendo DS dan Android. Apalagi ini game lama. Jadi jangan dibandingkan sama game-game Assassin’s Creed versi konsol dan PC.

Tapi kalau ngomong masalah gameplay, saya berani jamin deh kalau game yang dibikin dari kerjasama Gameloft dan Ubisoft ini udah seru banget. Seperti biasa lah, yang namanya game Assassin’s Creed pasti ada unsur parkour penthalitan gitu. Dan elemen itu bisa kawan-kawan temukan di game ini. Halangan dan rintangan ala-ala platformer bisa coba kalian libas dengan gaya-gaya parkour yang sudah sangat enak dilihat.

Belum lagi, game ini juga menyuguhkan elemen aksi bertarung yang udah sangat bisa banget sekali buat dinikmati. Hahahaha. Kontrolnya simple tapi tetap terkesan menantang. Jangan lupakan juga gimana game ini punya penceritaan khas game Assassin’s Creed yang intinya berurusan sama Ksatria Templar gitu deh.

Game               : Assassin’s Creed – Altair’s Chronicles

Size Download  : 116 MB, (Full Instalasi: 191 MB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD ASSASSIN’S CREED – ALTAIR’S CHRONICLES – DI SINI

 

2. Edge of Tomorrow

Kawan-kawan ada yang udah pernah nonton film Edge of Tomorrow? Film yang dibintangi sama Tom Cruise dan Emily Blunt ini ada versi game buat Androidnya lho. Dan yap, gamenya mengadaptasi cerita dari filmnya. Dikisahkan kalau bumi itu diserang sama alien dan tugas kita adalah membasminya. Tapi alien-alien ini kuat banget. Susah banget dibunuh karena gerakannya itu cepet banget dan tebasannya mematikan.

Untungnya, si Tom Cruise ini punya semacam kekuatan misterius. Kalau dia mati, dia itu kembali ke sehari sebelum dia mati itu. Jadi dia tahu gimana proses dia bakal mati dan dia bisa mencoba menghindari kematian itu. Tapi sayangnya ketika dia berhasil menghindari satu kematian, dia mati lagi di titik lain karena memang aliennya kuat-kuat banget. Dan akhirnya dia balik lagi ke satu hari sebelum dia mati itu buat mencoba menghindari kematiannya. Kayak gitu terus sampai dia berhasil membuka rahasia si alien dan memusnahkan semuanya.

Nah buat versi gamenya, kalian gak mengulang dari sehari sebelum mati tapi beberapa waktu sebelum mati. Di game yang punya genre FPS ini kalian jadi bisa tahu di bagian mana sih kalian mati dan kalian bisa melakukan langkah antisipasi biar gak mati. Ntar keliatan kok, contohnya kamu mati sama alien di suatu titik, atau kamu mati karena ketimpa pesawat jatuh, ntar keliatan tuh kayak ada bayangan-bayangan merah sebelum alien atau pesawat itu beneran datang. Jadi kamu bisa siap-siap. Menurut saya ini game yang keren dan terasa intense banget. Sayang buat dilewatkan khususnya kalau kamu penggemar game FPS.

Game               : Edge of Tomorrow

Size Download  : 91,5 MB, (Full Instalasi: 115 MB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD EDGE OF TOMORROW – DI SINI

 

3. 300: Rise of An Empire – Seize Your Glory

This is Sparta! Masih ingat gak sama kalimat itu? Yoi itu kalimat yang terkenal banget dari film 300 yang dibintangi oleh Gerard Butler. Tapi game yang kita bahas ini gak ada hubungannya sama film 300 itu sih, tapi mengadopsi film sequelnya yaitu 300: Rise of An Empire. Yap, game ini mengadaptasi cerita yang disuguhkan dari film tersebut.

Kita akan berperan sebagai Themistocles, seorang jenderal perang asal Yunani yang berusaha menumpas pasukan Persia yang dipimpin oleh Xerxes. Dan dimulailah perang yang epic ini. Game ini, terlepas dari kualitas grafisnya yang memang gak bisa dibandingkan dengan game Android jaman sekarang, berhasil memberikan gameplay yang intense dan epic di sepanjang permainan.

Udah kerasa keren lah gimana berantemnya yang simple tapi cadas, dan sound effectnya termasuk musiknya juga udah pas banget. Gak cuma itu aja, buat semakin mempermudah kita untuk memahami ceritanya, berbagai cutscene bakal tersedia khususnya pas perpindahan stage. Secara keseluruhan, ini game yang benar-benar jos gandos kotos-kotos nganti mbledos dan sangat sayang buat dilewatkan.

Game               : 300: Rise of An Empire – Seize Your Glory

Size Download  : 45,7 MB, (Full Instalasi: 64,11 MB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD 300: RISE OF AN EMPIRE – SEIZE YOUR GLORY – DI SINI

 

4. Shadow Guardian

Shadow Guardian ini bisa jadi contoh bagus masalah saya yang yang gak peduli urusan grafik game. Selama gameplaynya keren dan asyik, mau seburik apapun grafiknya, ya tetep saya mainin. Di game ini, grafiknya saya gak usah banyak omong deh karena memang yaaa, kualitasnya begitu. Tapi harap maklum, ini game lama.

Game ini rilis tahun 2010. Teknologi pas masa itu ya jangan dibandingkan sama sekarang. Tapi kalau ngomongin gameplay, wah, saya berani merekomendasikan game ini banget deh. Game ini sangat mengingatkan saya sama game Uncharted. Hanya saja, di sini kita mainin karakter bernama Jason Call. Nah si Jason Call ini petualang gitu dan dia tu kayak udah nemu suatu rahasia besar gitu. Rahasia ini pengen dikuak sama seorang ilmuwan gendeng bernama Novik dengan cara menyekap Jason Call dan mencoba mencari tahu apa yang ada di dalam otaknya.

Langsung deh gamenya flashback ke petualangan si Jason Call dan misi pertama ada di mana coba tebak? Ada di Samarinda, Indonesia lho! Nantinya si Jason Call ini bakal melanglang buana sih sampai ke berbagai tempat termasuk ke Mesir. Tambahan lagi, gameplaynya mantap banget. Shadow Guardian ini menggabungkan unsur action, adventure, puzzle, fighting, bahkan shooting pun ada. Hayooo, masa gak tertarik buat mainin game ini?

Game               : Shadow Guardian

Size Download  : 273 MB, (Full Instalasi: 532,35 MB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD SHADOW GUARDIAN – DI SINI

 

5. Lara Croft and the Guardian of Light

Perlu kawan-kawan tahu, game ini banyak banget mendapatkan penilaian bagus dari berbagai kritikus game lho. Tapi entah kenapa, sama Square Enix selaku developer, game ini tu ditarik dari PlayStore. Paling gak, kalian gak bakal nemu deh game ini di PlayStore Indonesia. Dan perlu kawan-kawan tahu, game ini selain rilis di platform mobile seperti Android, Lara Croft and the Guardian of Light juga rilis di Xbox 360 dan PS3 juga lho.

Oke deh, sekarang kita coba bahas masalah gameplaynya ya? Buat saya pribadi, saya kategorikan game ini sebagai game action adventure dengan sudut pandang top down. Agak unik juga sih ini perspektifnya karenanya biasanya game-game Lara Croft atau Tomb Raider itu pakai sudut pandang orang ketiga gitu. Tapi sepertinya memang sengaja dibikin kayak gini dan menurut saya, fine-fine aja sih.

Kita akan memainkan karakter mbak Lara Croft yang terkenal dengan parasnya yang jelita tapi pethakilan alias pecicilannya juga menggila. Mbak Lara Croft ini sedang berusaha mengungkap misteri cermin kuno di daerah Amerika Selatan, tepatnya di daerah-daerah bekas peradapan Aztec gitu. Dan dimulailah petualangan si cantik ini menghadapi berbagai halangan dan puzzle yang menarik dan bikin betah mainin serta bakal ada banyak musuh yang menghalangi juga.

Gak ketinggalan, bakal ada boss fight juga lho. Untungnya mbak Lara ini dibekali berbagai peralatan tempur seperti tombak kuno yang punya kekuatan misterius, ranjau darat, dan pistol juga. Seru banget lho ini.

Game               : Lara Croft and the Guardian of Light

Size Download  : 784 MB, (Full Instalasi: 837 MB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD LARA CROFT AND THE GUARDIAN OF LIGHT – DI SINI

 

6. Eisenhorn: XENOS

Boleh gak sih kalau saya sebut game ini sebagai game Android dengan kualitas sepadan dengan konsol atau PC? Boleh lah ya? Mungkin kalau buat masalah grafis sih ya masih gak bisa dibandingkan sama game konsol atau PC, tapi kalau ngomongin gameplaynya sih saya lumayan PEDE bilang game ini setara dengan game konsol dan PC. Pasalnya, sebenarnya game ini memang dirilis untuk PC tapi pada saat yang sama, yaitu di tahun 2016 kemarin, game ini rilis juga versi mobilenya.

Game yang dibikin sama developer Pixel Hero Games ini sebenarnya adalah spin off dari game Warhammer yang menitik beratkan pada petualangan seorang karakter bernama Gregor Eisenhorn. Di awal game kalian akan disuguhkan cutscene pendek dengan monolog si Eisenhorn ini yang mengatakan kalau dia tu punya penyesalan yang mendalam. Dan kemudian gamenya dimulai kayak flashback gitu kenapa sih si Eisenhorn ini punya penyesalan.

Saya suka banget gimana angle atau sudut pandang kamera di game ini udah cakep banget. Gameplaynya juga sangat memukau dipadukan grafis yang aduhai buat game mobile. Saya juga suka banget gimana storyline game ini dibawakan dengan sangat apik lewat gabungan cutscene dan dialog serta monolog karakter-karakternya.

Buat elemen actionnya, gak usah kuatir deh. Berantemnya udah seru kok dan kontrolnya juga nyaman banget. Terlebih lagi, game ini juga menyuguhkan elemen action lain kayak berbagai halangan ala-ala game platformer tapi dikemas dengan tampilan yang udah masuk ke level mantap jaya jendela uwa-uwa!

Game               : Eisenhorn: XENOS

Size Download  : 2,63 GB, (Full Instalasi: 2,89 GB)

Offline/Online    : OFFLINE

Gratis/Berbayar : GRATIS

DOWNLOAD EISENHORN: XENOS – DI SINI

 

Baiklah itu dia tadi 6 game Android offline keren dan seru yang gak ada di PlayStore versi Momoy Android Gamer. See you again in the next articles. Yuk dadah yuk byebye~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here