Cabal Mobile
Cabal Mobile Segera Meluncur ke Android!

Beberapa dari kawan-kawan, terutama yang usianya udah agak tua (ehem! ehehehe) harusnya tahu Cabal Online, atau paling gak pernah denger lah. Game PC MMORPG yang dulu termasuk salah satu game populer di masa-masa sekitar tahun 2005an, (jaman-jaman saya masih sering nongkrong di warnet sama game center nih!) mengumumkan kalau versi mobile-nya akan segera dirilis.

Malah, sebenarnya game yang nantinya ditajuki Cabal Mobile ini sudah dirilis di Korea Selatan dalam status closed beta. Dan kalau saya bandingkan dengan versi PC-nya jaman dulu, kok mirip banget ya? Ini yang bikin saya sangat excited walau saya dulu benernya juga gak terlalu getol main Cabal Online. Tapi mengingat ini adalah game MMORPG yang populer dan kemudian bakal muncul di perangkat mobile, termasuk Android, ya masa sih gak excited?

Cabal Mobile Masih Pakai Sistem Gameplay Versi PC-nya!

Kalau gak salah ingat dulu Cabal Online itu bisa jadi populer tu karena sistem battlenya yang mengandalkan kombo. Nah sistem gameplay ini terbukti sangat ampuh buat bikin gamenya jadi sangat seru dan bikin ketagihan. ESTGames, selaku developer, mengatakan kalau sistem battle itu bakal diadopsi dan “dihidupkan” kembali di versi mobile-nya nanti. Gimanapun, kata developer, sistem battle itulah yang merupakan bagian dari kebanggaan Cabal Online dan akan berusaha untuk dipertahankan di versi mobile-nya.

Tapi jujur aja, saya kurang bisa mendapatkan gambaran bagaimana sistem battle yang berdasarkan pada kombo serangan nanti akan bekerja karena tidak terlalu terlihat di trailernya. Yang jelas, di trailer diperlihatkan kalau kita nantinya bisa mengendarai semacam kendaraan yang mirip-mirip kayak hoverbike yang tentunya bakal bikin penjelajahan di dunianya nanti jadi lebih nyaman.

Dan sayangnya nih, saya menemukan tombol autoplay di trailernya. Hmmm… Kenapa sih MMORPG di Android kayaknya wajib pake autoplay semua? Saya pribadi sih sebenarnya agak kurang suka sama tombol autoplay karena jadi mengurangi sensasi gameplaynya. Tapi ya, kembali lagi sih. Ini game mobile. Targetnya gamer kasual. Jadi ya mungkin fitur autoplay itu buat mengakomodasi supaya game-nya jadi lebih kasual kali ya? Kalo menurut kawan-kawan gimana?

Terakhir nih, “Kapan Cabal Mobile dirilis secara global?” Sayangnya, buat pertanyaan ini, dari ESTGames-nya sendiri juga belum memberikan informasi resmi mengenai hal ini. InsyaAllah saya nanti bakal bahas deh game ini kalau emang beneran dah rilis.